Photobucket

Apa itu SEO?

Posted By rianova | 10:21 AM | | 0 comment »

Bagi para blogger istilah SEO atau Search Engine Optimization sudah tentu tidak asing lagi, akan tetapi lain halnya bagi para newbie yang baru mengenal blog / website SEO mungkin hal yang baru. Ok sekarang akan coba saya jelaskan sebenarnya apasih SEO itu? SEO atau search engine optimization adalah suatu proses untuk meningkatkan volume atau trafik pengunjung ke blog / web dari mesin pencari melalui optimisasi keyword tertentu dari hasil suatu pencarian.

Biasanya, sebuah blog / website  yang muncul di halaman pertama dalam daftar hasil pencarian, maka semakin banyak pengunjung yang akan terima dari mesin pencari tersebut. SEO dapat menargetkan berbagai jenis pencarian, termasuk pencarian gambar, pencarian lokal, dan lain sebagainya. SEO ini sangat mutlak diperlukan bagi kaum blogger atau pemilik blog / website guna memperoleh tempat di halaman pertama sebuah search engine dengan tujuan  menaikkan jumlah visitor yang berkunjung ke blog / website tersebut.

Secara umum teknik SEO terdiri dari 2 cara pokok yaitu :

  1. SEO (Search Engine Optimization) secara on-page atau on-site adalah optimisasi terhadap search engine yang dilakukan dengan cara cara atau trik setting pada halaman website / blog. sebagai contoh penggunaan meta tag, description, title page yang sesuai dengan keyword yang di pilih, ataupun pemilihan domain yang sesuai dengan keyword.
  2. SEO (Search Engine Optimization) yang dilakukan dengan cara optimisasi secara off-site atau off page. sebagai contoh kita lakukan melalui google adword, pencarian backlink dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari kedua cara diatas kita tidak bisa mengoptimization hanya dengan salah satu cara saja, karena teknik SEO tersebut saling berhubungan dan akan menghasilkan peringkat yang bagus di mesin pencari bila kita melakukannya secara bersama sama. Dengan kata lain kita melakukan optimization dari dalam website / blog yang kita miliki dan juga melakukannya dari luar website / blog yang kita miliki.

SEO sebenarnya tidak terlalu sulit jika kita mau mempelajarinya sungguh-sungguh dan barang tentu pengalaman dibidang SEO yang kita miliki. Untuk yang baru pertama kali mengenal SEO mungkin akan terlihat rumit. Tapi jangan kawatir disini anda dapat mempelajarinya secara gratis. Ok,that’s all pembukaan SEO dari saya, tunggu saja teknik-teknik SEO yang lain pada postingan berikutnya. Tetep semangat……

0 comment

Advertisement

Artikel Terkait