Photobucket

Panduan membuat Account di PayPal

Posted By rianova | 10:42 AM | | 0 comment »

paypal

PayPal adalah salah satu Alat Pembayaran Online yang paling populer dan terpercaya saat ini dan dapat dikatakan hampir semua program bisnis online Internet menggunakan Paypal sebagai alat pembayarannya. Maka dari itu, sebelum kita mulai menjalankan bisnis online sangat dianjurkan kita untuk memiliki account PayPal, Banyak sekali kegunaan PayPal di dunia bisnis online ini, diantaranya sebagai alat penggajian kerja online kita, alat pembayaran saat kita berbelanja online membeli ebook atau software misalnya, transfer uang atau dana, dan transaksi lainnya di dunia bisnis online.

Banyak sekali kemudahan dalam pembukaan rekening PayPal diantaranya kita tidak perlu membayar untuk mendapatkan rekening PayPal alias GRATIS, tidak memerlukan setoran awal pada saat pembukaan rekening, tidak ada minimum saldo, serta dapat dilakukan dengan cara online. Cukup didepan komputer atau Laptop yang terkoneksi internet kita sudah dapat melakukan pembujaan rekening di PayPal.

Persyaratan umum sebelum kita membuka rekening di Paypal adalah :

  • Usia minimal adalah tidak kurang dari 18 tahun,
  • Alamat Email,
  • Kartu kredit = Pengguna Paypal dari Indonesia saat ini baru dapat menggunakan kartu kredit untuk mengaktifkan / verified rekening pertama kali, dan hanya kartu kredit dari bank tertentu saja,
  • Kartu kredit Visa, kartu debit Visa, atau prepaid card Visa untuk melakukan witdraw dari rekening PayPal.

Setelah syarat diatas terpenuhi maka langsung saja kita mendaftar di PayPal. Adapun Tahapan untuk membuka rekening PayPal adalah sebagai berikut :

1. Bukalah situs www.paypal.com, maka akan nampak screenshot seperti ini :

paypal_012. Klik Sign Up tampak seperti gambar diatas yang dilingkari merah, maka akan terlihat screenshot seperti ini ;

paypal_023. Pada pilhan country atau negara pilih Indonesia, kemudian pilih language atau bahasa, jika kita menginginkan account dalam bahasa inggris pilih English atau bahasa indonesia untuk memilih account dalam bahasa indonesia. Kemudian pilih Get Start atau memulai, maka akan terlihat seperti ini :

paypal_03 4. Selanjutnya masukan informasi anda seperti Alamat Email (digunakan untuk log in), Password kemudian ketik ulang Password, Nama, Tanggal lahir, Kebangsaan, Alamat, Kota, propinsi, Kode pos, Nomor Telp ( Pastikan Nama, Alamat, Telp yang anda isi untuk pendaftaran sama dengan data kartu kredit anda, jika memiliki kartu kredit ).
Untuk mata uang tetap U.S. Dollars karena Rupiah belum ada.
Contoh penulisan nomor Telepon yang benar : 0218888888 atau 021-8888888
Contoh penulisan nomor Handphone yang benar : 089776880000.

5. Kemudian masukkan nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa, namun jika anda belum mempunyai kartu kredit data diatas tidak perlu diisi. lalu kemudian masuk ke rekening saya :

6. Setelah proses regristrasi diatas kita akan menerima email konfirmasi pada alamat email yang kita daftarkan tadi. Untuk mengaktifkan account PayPal, buka email dari PayPal tersebut dan segeralah klik link konfirmasi yang terdapat didalamnya karena biasanya link tersebut hanya berlaku dalam 1 X 24 jam saja.

7. Melalui link pada email konfirmasi kita akan masuk kembali ke situs PayPal kemudian masukan password kita lagi lalu klik Confirm atau konfirmasi, lalu klik lagi Continue atau Melanjutkan, setelah itu anda akan masuk ke halaman seperti ini :

paypal_04 Isilah pertanyaan keamanan 1 dan 2 dan jawabannya lalu tekan kirimkan.

8. Kemudian untuk melakukan verifikasi member PayPal dengan kartu kredit di halaman My Account atau Rekening Saya akan ada bacaan Expanded option ( pilihan ), baca dengan teliti instruksinya, anda di instruksikan untuk menekan tombol Get Number untuk menjadi Verified member Paypal (Kebenaran alamat anda sudah di cek oleh Paypal). Kemudian tekan tombol Get Number untuk mendapatkan 4 digit kode keamanan dari Paypal, yang akan dikirimkan kedalam statement bulanan kartu kredit kita, kartu kredit kita akan di kenai charge $1.95 USD untuk keperluan verifikasi ini. Tujuan mengirimkan kode keamanan Paypal ini adalah untuk memastikan bahwa alamat yang anda berikan adalah benar bukan alamat fiktif. Jika anda sudah mendapatkan 4 digit kode keamanan dari PayPal kemudian lakukan login kembali kemudian My Account klik bagian Activate Account - Complete Expanded Use Enrollment, setelah kita memasukan 4 digit kode keamanan tersebut account paypal akan menjadi Verified member dan akan ditambahkan $1.95 USD kedalam account Paypal kita otomatis karena menjadi Verified member.

9. Jika kita belum mempunyai kartu kredit artinya kita tidak bisa menjadi member verified PayPal, meskipun begitu kita masih bisa melakukan transaksi menggunakan account PayPal kita tadi. Perbedaannya hanya pada verified member dan non verified member. Kelebihan lain dari verified member adalah transaksi limit dana kita tidak dibatasi oleh PayPal sedangkan untuk non verified member dengan limit $100 USD untuk melakukan pembayaran atau mengirim uang ke account Paypal lain, untuk menghilangkan limit Account paypal anda harus menjadi Verified member (Kebenaran alamat anda sudah di cek oleh Paypal) dengan cara mengikuti Langkah No.8 diatas.
tetapi untuk bisa withdraw menarik uang dari balance paypal ke rekening kita di indonesia kita diharuskan untuk menjadi verified member.

Ok, sekarang proses pembuatan account di paypal sudah selesai. Dan itu berarti kita sudah siap transaksi atau menggunakan PayPal. Untuk cara cara menggunakan paypal atau tips paypal yang lain akan saya bahas pada postingan berikutnya. Jadi sabar yach….

0 comment

Advertisement

Artikel Terkait